I am Single and I am Free (Bebas bukan Gratis)

Tulisan ini saya post melalui status LINE beberapa hari yang lalu. Buat yang kepo bisa add ID LINE: nuhafairusya. Sengaja saya gunakan bahasa gaul, supaya lebih jleb buat anak-anak muda yang membacanya.


Single

Mumpung kemarin hari Sumpah Pemuda, mau nyoba buat tulisan yang frontal dan berani. Jadi tolong ijinkanlah seorang pemudi Indonesia di sini menyuarakan pendapatnya.

Gue suka risih sama orang yang pamer kegalauan masalah cinta-cintaan di timeline. Entah galau diputusin, jomblo kesepian, kebelet kawin, maupun berbagai jenis jomblo desperate lainnya. Seakan status jomblo itu sesuatu yang mengenaskan, dan yang berpasangan itu pasti bahagia. Gue mau nyoba ngasih opini gue.

Galau diputusin. Jujur gue belum pernah kehilangan pacar sampai desperate gitu. Tapi gue pernah kehilangan dompet yang isinya beberapa puluh ribu doang buat makan seminggu. Gue pernah kali kehilangan helm, kunci, dll. Dan suatu hari jika gue diputusin pacar, gue bakal inget gue pernah kehilangan motor titipan ortu gue, yang mereka beli dengan hasil jerih payah kerja keras mereka dan mereka percayakan ke gue tapi gue kecewain. Dan itu lebih nyesek, daripada kehilangan seorang ‘pacar’ yang gue tau tidak pernah sah jadi milik gue.

Jomblo kesepian. Gue udah jomblo beberapa tahun, gue akui kadang gue sering kesepian. Gue harus nunggu ajakan temen biar bisa punya temen makan atau nonton. Tapi gue tidak pernah menjadikan alesan itu buat galau. Gue makan sendirian dan masih hidup. Gue malem minggu luntang-luntung sendirian di gramed dan masih hidup. Yang lain update path sama pacar, gue menemukan kebahagiaan gue dengan sekedar baca novel atau nulis di blog. Gue jomblo, tapi gue rasa gue ga perlu memamerkan betapa kesepiannya gue.

Kebelet kawin. Gue emang punya pemikiran yang berbeda kalau soal ini. Banyak yang khawatir masih sendiri di usia 20an. Ya Allah, lo mau ngapain? Ga sabar pengen nimang cucu? Mumpung lho masih muda, nikmati waktu lo buat ngejar cita-cita, buat berpetualang, nglakuin hal yang lo suka. Belum tentu lo bisa lakuin semua itu kalo udah nikah! Apalagi kalau udah punya momongan lo pikir itu semua ga ribet?

Sob, jangan jadi anak muda yang menyedihkan. Lo percaya kalau anak muda terbaik ada di generasi ini? Gue percaya. Ortu lo nyekolahin tinggi-tinggi – meski suatu hari mereka nanyain jodoh – tapi yang utama mereka pengen lo jadi orang yang bermanfaat melalui ilmu yang lo dapet. Jangan buang waktu lo buat galauin cinta atau seorang manusia, yang tanpa lo sadari Tuhan sedang menyiapkan yang terbaik buat lo. Coba pikir, berapa kali lo galauin, apa yang udah lo lakuin ke ortu lo? Ke almamater lo? Ke tanah air lo, Indonesia, yang benderanya lo bawa kemana-mana, mendaki gunung lewati lembah?

Daripada sekedar galau, manfaatkan waktu lo buat hal yang bermanfaat. Cobalah buat karya. Kalau kata Raditya Dika, kalo lo suka baca, cobalah buat nulis, kalo suka nonton, coba buat video. Beranilah buat jadi kreator. Walaupun tulisan atau video lo ntar isinya galau, seenggaknya lo bisa create sebuah karya.

Jangan pernah takut akan kesendirian. Meski ga punya pacar, gue yakin lo masih punya temen-temen, yang meski kadang kerjaannya ngeledekin lo, tapi mereka orang yang paling bisa bikin lo senyum. Bahkan jika suatu hari temen lo ninggalin lo, lo masih punya keluarga yang setia dukung lo. Bahkan jika keluarga lo gagal buat ngehibur kesepian, lo akan selalu punya Tuhan yang selalu di sisi lo.

Gue ga bermaksud nyindir orang-orang tertentu. Gue juga berharap tulisan gue ga buat orang lain tersinggung. Gue cuma berharap, anak muda jaman sekarang jangan sampai lemah mentalnya. Hidup lo bukan cuma sekedar pacar-pacaran. Jangan lupa bahagia, jangan lupa bersyukur.

Tulisan ini gue dedikasikan buat diri gue sendiri, jomblo bertahun-tahun yang menikmati waktu sendiri gue sambil mencoba meraih mimpi dan membanggakan kedua orang tua gue.

Capek nulis pake gue-elo.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.